Senin, 17 Januari 2011

PSIKOLOGI BALANCE LIFE

KESEIMBANGAN HIDUP
Oleh: Dewi Ulfah Arini, Psikolog


Brian Dyson, mantan Eksekutif Coca Cola, pernah menymapaikan pidato yang sangat menarik, " Bayangkan hidup itu seperti pemain akrobat dengan LIMA bola di Udara."
Anda bisa menamai bola itu dengan sebutan :

1. Bola Pertama --> PEKERJAAN
2. Bola Kedua     --> KELUARGA
3. Bola Ketiga    -- > KESEHATAN
4. Bola Keempat --> SAHABAT
5. Bola Kelima  --> SEMANGAT

Anda semuanya harus menjaga semua bola itu tetap diudara dan jangan sampai ada yang terjatuh. Suatu saat, ketika situasi mengharuskan Anda melepaskan salah satu diantara LIMA BOLA tersebut, maka lepaskanlah PEKERJAAN, karena pekerjaan adalah BOLA KARET.

Pada saat anda menjatuhkannya, sau saat ia akan melambung kembali, namun 4  BOLA  lain seperti : KELUARGA, KESEHATAN, SAHABAT dan SEMANGAT dalah BOLA KACA.
Jika Anda menjatuhkannya, akibatnya bisa sangat fatal !

Bryan Dyson mencoba mengajak kita hidup secara seimbang.

Pada kenyataannya, kita terlalu menjaga PEKERJAAN adalah Bola Karet, bahkan kita mengorbankan KELUARGA, KESEHATAN, SAHABAT dan SEMANGAT demi menyelamatkan BOLA KARET tersebut.

Demi uang atau Pekerjaan, kita mengabaikan Keluarga. 
Demi meraih sukses dalam pekerjaan, kita jadi workaholic dan tidak memperhatikan kesehatan.

Bahkan demi Uang atau Pekerjaan, Kita rela menghancurkan hubungan dengan Sahabat yang telah kita bangun bertahun-tahun lamanya.

Bukan berarti pekerjaan tidak penting, jangan sampai Pekerjaan atau Uang menjadi BERHALA dalam hidup kita.

 Ingatlah, kalaupun kita kehilangan uag masih bisa diari lagi,  tapi jika keluarga sudah terjual, kemana kita bisa membelinya kembali ?

Uang hilang masih bisa dicari, tapi apakah kita bisa membeli Sahabat? Uang hilang masih bisa dicari, tapi apakah kita bisa memulihkan Kesehatan kita secara normal jika jita terkena penyakit kritis?
JAGALAH PRIORITAS HIDUP ANDA TETAP SEIMBANG.




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar